![]() |
| Gambar Ilustrasi |
|
Model
Pembelajaran |
Teori yang
Melandasi |
Sintaks/Tahapan
Belajar |
Peran Siswa |
Peran Guru |
Hasil Belajar
yang Ditargetkan |
|
Discovery
Learning |
Konstruktivisme
Bruner |
1) Stimulasi |
Aktif
mencari, mengeksplorasi, menemukan konsep |
Fasilitator
dan pengarah |
Pemahaman
konsep secara mendalam, kemandirian belajar |
|
Inquiry
Learning |
Konstruktivisme
Dewey & Piaget |
1) Orientasi |
Penyelidik,
penanya, pemecah masalah |
Pembimbing
proses berpikir kritis |
Kemampuan
berpikir ilmiah dan analitis |
|
Problem-Based
Learning (PBL) |
Konstruktivisme
sosial (Vygotsky) |
1) Orientasi
masalah |
Kolaboratif,
pemecah masalah, mandiri |
Fasilitator,
pemicu diskusi |
Pemecahan
masalah, kerja sama, dan kemampuan metakognitif |
|
Project-Based
Learning (PjBL) |
Konstruktivisme
dan humanistik |
1) Penentuan
pertanyaan/proyek |
Perencana,
pelaksana proyek, evaluator |
Pemandu
proses dan pengelola sumber belajar |
Keterampilan
abad 21 (kolaborasi, kreativitas, tanggung jawab) |
|
Kooperatif
Learning |
Teori belajar
sosial dan humanistik |
1)
Penyampaian tujuan |
Bekerja sama,
saling membantu, bertanggung jawab |
Pengorganisasi
kelompok, motivator |
Interaksi
sosial, toleransi, dan hasil akademik |
|
Direct
Instruction |
Behaviorisme
(Skinner) |
1) Pemberian
tujuan |
Mengamati,
meniru, berlatih |
Instruktor
aktif, pemberi contoh langsung |
Peningkatan
keterampilan dasar, hafalan, dan akurasi kerja |
|
STEM |
Interdisipliner,
konstruktivisme, pragmatisme |
1)
Identifikasi masalah nyata |
Inovator,
pemikir sistematis, kolaborator |
Fasilitator
interdisipliner |
Integrasi
ilmu, pemecahan masalah kompleks, kreativitas teknologis |
.png)