Perbandingan Model Pembelajaran

Gambar Ilustrasi

Model Pembelajaran

Teori yang Melandasi

Sintaks/Tahapan Belajar

Peran Siswa

Peran Guru

Hasil Belajar yang Ditargetkan

Discovery Learning

Konstruktivisme Bruner

1) Stimulasi
2) Identifikasi masalah
3) Pengumpulan data
4) Pengolahan data
5) Verifikasi
6) Menarik kesimpulan

Aktif mencari, mengeksplorasi, menemukan konsep

Fasilitator dan pengarah

Pemahaman konsep secara mendalam, kemandirian belajar

Inquiry Learning

Konstruktivisme Dewey & Piaget

1) Orientasi
2) Merumuskan masalah
3) Merumuskan hipotesis
4) Mengumpulkan data
5) Menguji hipotesis
6) Menarik kesimpulan

Penyelidik, penanya, pemecah masalah

Pembimbing proses berpikir kritis

Kemampuan berpikir ilmiah dan analitis

Problem-Based Learning (PBL)

Konstruktivisme sosial (Vygotsky)

1) Orientasi masalah
2) Belajar mandiri
3) Diskusi kelompok
4) Investigasi
5) Presentasi solusi
6) Refleksi

Kolaboratif, pemecah masalah, mandiri

Fasilitator, pemicu diskusi

Pemecahan masalah, kerja sama, dan kemampuan metakognitif

Project-Based Learning (PjBL)

Konstruktivisme dan humanistik

1) Penentuan pertanyaan/proyek
2) Perencanaan
3) Pelaksanaan proyek
4) Monitoring
5) Presentasi hasil
6) Evaluasi

Perencana, pelaksana proyek, evaluator

Pemandu proses dan pengelola sumber belajar

Keterampilan abad 21 (kolaborasi, kreativitas, tanggung jawab)

Kooperatif Learning

Teori belajar sosial dan humanistik

1) Penyampaian tujuan
2) Pembentukan kelompok
3) Pembelajaran kelompok
4) Evaluasi
5) Penghargaan kelompok

Bekerja sama, saling membantu, bertanggung jawab

Pengorganisasi kelompok, motivator

Interaksi sosial, toleransi, dan hasil akademik

Direct Instruction

Behaviorisme (Skinner)

1) Pemberian tujuan
2) Demonstrasi
3) Latihan terbimbing
4) Latihan mandiri
5) Evaluasi

Mengamati, meniru, berlatih

Instruktor aktif, pemberi contoh langsung

Peningkatan keterampilan dasar, hafalan, dan akurasi kerja

STEM

Interdisipliner, konstruktivisme, pragmatisme

1) Identifikasi masalah nyata
2) Desain solusi
3) Implementasi dan pengujian
4) Evaluasi dan revisi
5) Presentasi

Inovator, pemikir sistematis, kolaborator

Fasilitator interdisipliner

Integrasi ilmu, pemecahan masalah kompleks, kreativitas teknologis